Wednesday 4 March 2015

Ini Soal Traveler Jomblo

Image result for traveler couple
Tiba-tiba saja saya ingin bikin tulisan yang lain dari biasanya. meski ini masih mirip dengan tema nya sih, jalan-jalan juga, tapi rasanya kok saya pengen nulis soal ini. Mungkin karena usianya udah masuk usia rawan nikah kali ya hahahaha...

Awalnya bersumber dari postingan teman-teman di Path soal "janganlah kamu menanyakan sesuatu yang mungkin itu bisa menyinggung dan mempengaruhi lawan bicaramu". Saya tergelitik untuk ikut bertanya, "Ini termasuk kalau soal tanya kamu nikah kapan gitu nggak?". Saya sih enggak sensi, enggak marah, enggak tersinggung. Sebenernya secara etika internasional pertanyaan macam ini sudah sangat privasi. Cuma mungkin orang kita aja yang awalnya basa basi berujung jadi kebiasaan. Kebiasaan kok nggak ngenakin gitu ya hahahaha... Tapi sekali lagi, Saya seriusan nggak marah atawa tersinggung kalo ditanya model begituan, cuma bosan aja sih menjawab pertanyaan yang saya sendiri aja kagak ngerti gimana menjawabnya :D

Memang kalo mau merunut banyak sumber, pernikahan itu sebenarnya sudah merupakan budaya dari sejak jaman dulu kala. Termasuk juga agama menuliskan bahwa menikah itu menyempurnakan iman dan jodoh itu sudah digariskan. Secara teori psikologi pun, salah satu fase hidup manusia untuk mencapai kesempurnaan adalah dengan melalui fase menikah. Namun kadang saya bertanya dalam hati, kalau orang tidak menikah atau belum menikah di usia yang matang itu apakah salah? Kalau orang belum menikah sampai meninggal itu berarti apakah nggak ada jodohnya? Lalu kalo dia nggak menikah maka hidupnya nggak sempurna?
Image result for marriage ring

Saya sih meyakini bahwa setiap orang punya jalan cerita masing-masing. Baik Buruk kurang lebih hidup manusia sudah tergambar dalam buku Sang Pencipta. Kita kan hanya perlu menjalani saja sesuai dengan tulisannya.tentu saja ikhtiar itu perlu.

Anyway saya menulis ini bukan berarti saya tidak mau menikah lho ya. Saya ya manusia biasa saja yang juga pengen punya keturunan, pengen punya keluarga, lalu hidup-mati bersama dengan partner hidup saya kelak. Mungkin saat ini saya belum diberi hidayah dan inayah kali ya dari Yang Di Atas untuk segera mencari tulang rusuk saya yang hilang hehehe....

Jujur se jujur jujur nya, meski banyak teman seusia saya yang sudah menikah bahkan sudah punya 3 anak, saya masih belum pengen tuh punya calon istri. Saya nya nyantai, tapi kok rasa-rasanya orang sekitar saya pada heboh maksimal untuk mencomblangkan saya bahkan menjodohkan saya langsung.

Setiap ada acara perhelatan, pernikahan, kumpul keluarga, arisan, atau apapun selalu ditanya, “kapan nyusul?” “habis ini giliranmu lho” “siapa sih gandengannya?” “udah punya rumah, mobil, kurang apa lagi? Segera cari istri” “si anu sudah menikah, si itu sudah, kamu kapan?””pacarmu yang mana sih?” and soooooo many questions about that. Makanya saya malah kadang berpikir menikah (atau punya pacar) adalah lomba balap karung atau lomba lompat kodok. Siapa cepat dia hebat, dia yang menang. Jadi kalau belum menikah, dipanas-panasin akan semakin semangat buat cari pasangan. Ya kalo orangnya achievment nya tinggi. Kalo dianya jadi minder kan malah berabe nyong!

Kadang saya berpikir kenapa sih menikah diasosiasikan dengan simbol kemapanan? Sudah punya rumah, mobil, apa lantas harus langsung menikah? Yakali kalo idup sang istri cuma nafkah lahir doank buat belanja-belanji. Kalo pake nafkah batin? Belum siap, dipaksa nikah dengan alasan sudah mapan. Udah deh, dijamin bubar. Satu lagi, menurut saya menikah itu bukan metode urut kacang. Yang lebih tua, pasti menikah duluan. Kalau kakanya sudah menikah, habis itu giliran adiknya. Itu nikah, apa kewajiban layaknya negara menjamin anak terlantar sesuai pasal 34, apa piala bergilir? Kok harus pake banget gitu?

Sekali lagi saya tidak skeptis ketika orang lain menanyakan hal semacam itu kepada saya. Saya nggak panas kok kalo dikomporin segera disuruh nikah, atau saya juga nggak down kalo si anu atau ini atau itu sudah kawin cerai sementara saya sendiri acar aja belom punya. Saya pasti akan jujur menjawab “belum ada niatan ke untuk menikah”. Dan selalu akan mendapat wejangan, ceramah, ucapan simpati yang entah dari dasar hati atau bahkan mendapat pandangan kasihan-banget-deh-loe-kok-belum-laku. La memang kenyataannya seperti itu. Buat saya niat itu penting dan utama.

Sebenarnya ini analogi bodoh saya, saya mau beli rumah, saya nabung, saya puasa, saya belain minjem, sampe ngutang, akhirnya punya rumah. Saya niat beli mobil maka saya nabung, nyari mobil, ngutang lagi, dan akhirnya perjuangan saya berujung pada punya mobil. Nah, sekarang, kalo saya belum niat menikah, mau sampe berbusa dan berbuih saya diminta kawin, ya saya belom siap dan belom mau. Wong niatannya aja belum  ada. Saya sih masih pengen traveling dan menjelajah dunia hehehe...

Terus apa hubungannya traveling sama jomblo? Sebenernya ini nggak ada korelasinya sih. Biar heboh aja hahahhaa... Tapi enggak juga sih, bisa jadi ini berawal dari omongan orang-orang sekitar yang mungkin sedikit khawatir melihat hobi saya jalan-jalan mulu tapi belum mikirin buat kawin. Dari situ saya iseng sih melihat temen-temen traveling saya. Memang sih kebanyakan masih jomblo. Yaiyalah secara mereka rata-rata masih usia anak sekolahan. Emang udah mikirin kawin? yang udah seusia saya ya mikirinnya nikah sama gimana beli susu buat anaknya lah Hehehe... Tapi jangan salah ada juga kok dari traveling dapet jodoh. Banyak malah :D

Image result for traveler couple
So, soal nikah belum menikah itu menurut saya itu kembali pada garis hidup manusia itu sendiri. Tapi semua tentu saja tergantung dari niatan dan ikhtiar manusia itu sendiri. Selama belum dapat pencerahan, mau doyan traveling, mau dijodhin sampe butek, tapi kalau bukan dan belum jodohnya, ya mau apa lagi. Sekali lagi tugas manusia yang hanya berdoa, pasrah dan terus berusaha. Dan saya tidak menolak kalau dibantuin doa lho, instead of asking “kapan kawin?”:D. Ingat, bantuinnya doa biar niatannya muncul ya, bukan bantuin mencomblangkan atau menjodohkan, atau bahkan memaksa saya dengan seseorang *dih,sok jual mahal* hahahhahahaa.....








No comments:

Post a Comment